50 Persen Calon Lulusan SMKN 1 Direkrut Perusahaan

PALEMBANG, Sumselpostonline.com -Dari 560 calon lulusan SMKN 1 Palembang, 200 diantaranya atau hampir 50 persen  sudah direkrut sejumlah  perusahaan swasta di Kota Palembang. Demikian diungkapkan  Kepala SMKN 1 Palembang Dra  Hj  Hijrah Baiti usai acara pelepasan siswa kelas XII  di Gotel Grand Atyasa Palembang, Rabu (19/4).

Menurutnya,  kebanyakan siswanya yang sudah direkrut pra kelulusan tersebut karena dinilai perusahaan tempat mereka magang sudah memenuhi kriteria pegawai mereka. “Karena mereka dinilai baik oleh perusahaan tersebut, jadi mereka pasca kelulusannya nanti bisa langsung bekerja disana. Dan yang terdata saat ini akan langsung bekerja itu ada 200 anak, selebihnya ada yang kuliah dan baru akan melamar kerja ketika sudah dinyatakan lulus,” paparnya.

Dikatakannya, untuk memberikan bekal kepada siswanya sebagai modal mencari kerja, selain memberikan bekal etika bekerja, pihaknya juga bekerja sama dengan salah satu sekolah tinggi ilmu komputer di Jalan Rajawali Palembang untuk mengembangkan skillnya dengan kursus komputer secara gratis. Selain itu, pihaknya juga menjembatani siswanya kalau ada yang ingin kuliah atau pun bekerja. “Yang ingin kuliah, kita usulkan untuk masuk ke perguruan tinggi negeri, bahkan untuk tahun ini juga ada tiga siswa kita yang berangkat ke Korea untuk mengenyam pendidikan melalui si Molek,”  katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang SMK Dinas Pendidikan (Disdik) Sumatera Selatan (Sumsel) Dra. Erlina, MM menerangkan, pihaknya (Disdik) memang secara langsung belum menjalin kerja sama dengan pihak industri atau pun perusahaan untuk menyerap lulusan SMK di Sumsel. Pada dasarnya yang langsung menjalin kerja sama itu sekolah, namun untuk memorandum of understanding (MoU) itu diketahui dan ditanda tangani oleh pihaknya.

“Siswa yang sudah terserap di perusahaan pra kelulusan tidak perlu khawatir tidak lulus sekolah, karena yang dibutuhkan perusahaan itu adalah siswa yang terampil dan sudah dipastikan nilai keterampilan mereka itu di atas 7,6, sebab sudah bisa diterima bekerja sebelum dinyatakan lulus,” ulasnya.

Selain itu, saat ini pihaknya sudah menjalin kerja sama dengan tiga negara yakni Cina, Jepang dan Perancis sebagai tempat lulusan SMK untuk meneruskan pendidikannya di bangku kuliah, hal ini sebagai bukti betapa besarnya perhatian pemerintah Provinsi terhadap pendidikan di Sumsel,”pungkasnya. (hasan basri)

You might also like More from author

Leave A Reply