Atasi Pengangguran, UIN Raden Fatah Akan Maksimalkan Pengelolaan CDC

PALEMBANG, Sumselpostonline.com -Meski telah mengantongi gelar sarjana, namun tetap susah mencari pekerjaan, hal inilah yang diungkap Sejumlah alumni jurusan perpustakaan Universitas Islam Negeri (UIN ) Raden Fatah Palembang.

Menanggapi itu, Rektor UIN Raden Fatah Palembang, Muhammad Sirozi mengatakan, pihaknya akan memaksimalkan pengelolaan CDC (Carier Development Center) dalam menjaring lowongan kerja bagi para lulusan. Saat ini CDC UIN Raden Fatah sudah dibentuk dan akan membantu pencarian lowongan kerja bagi seluruh mahasiswa. “Jumlah lowongan kerja bagi jurusan perpustakaan memang terbialng tak banyak di Sumsel, untuk mengatasi masalah ini kita akan memberikan bantuan dengan mencarikan lapangan kerja hingga di luar Sumsel eperti di Aceh, Medan ataupu Surbaya melalui CDC,” ungkapnya.

Kedepannya, Sirozi juga akan dibekali para alumni dengan tiga kemampuan yakni karakter yang baik, penguatan skill dan kemampuan berbahasa asing. Target ini ditujukan untuk memberikan kesiapan kepada alumni bisa bersaing di dunia kerja. “Kalau alumni UIN Raden Fatah ditanamkan tiga kemampuan ini kami yakin lulusan akan mampu mendapatkan pekerjaan. Penerapan sendiri sudah dimulai pada lulusan yang akan datang,” terangnya

Sementara itu, Salah satu alumni jurusan perpustakaan lulusan angkatan 2016 berinisial F mengungkapkan, hingga saat ini dia belum kunjungan mendapatkan pekerjaan. Menurutnya jurusan perpustakaan daya serap sangat sedikit di dunia kerja.

“Kita jurusan perpustakaan, lokasi tempat kita bekerja adalah di sekolah, kampus dan perpustakaan daerah. Tetapi setiap perpustakaan hanya membutuhkan beberapa orang saja pegawai saja maksimal dua orang jika di tingkat sekolah,” terangnya.

Tak hanya itu,katanya, informasi yang diberikan kampus terkait berbagai lowongan kerja juga sangat minim. Sehingga menambah kesulitan yang dialaminya dalam mencari informasi lowongan pekerjaan. “Tempat kami bekerja juga terbatas, ini menjadi persoalan yang sangat penting. Kalau mau bekerja dibidang keilmuan lain tentu skill yang dimiliki akan kalah, sebab kemampuan kami dibidang perpustakaan,” tegasnya. (hasan basri)

You might also like More from author

Leave A Reply