Disiplin, Kunci Raih Segudang Prestasi PALEMBANG¬¬-

Sejak dipercaya menjadi Kepala SMK Negeri 5 tahun 2015 silam, Drs. H. Zulfikri, M.Pd terus berupaya untuk mengembangkan dan memperbaiki sarana dan prasarana pendidikan di sekolah yang dipimpinnya. Hal itu dapat lihat dalam kurun waktu 2015-2016, banyak prestasi yang diukir  anak didiknya, baik dibidang ekskul maupun bidang akademik.

Pria kelahiran Palembang,12 Juni 1964 silam itu mengakui, prestasi yang diraih siswanya adalah sesuatu  yang wajib. Dia selalui menghimbau kepada guru-guru agar selalu memberi motivasi kepada anak didiknya  agar tidak menjadi yang biasa-biasa saja, namun harus  menjadi yang unggul.

“Hampir disegala bidang ada wadah yang bisa menampung dan mengembangkan bakat siswa. Baik itu olahraga, seperti voli, futsal, basket dan badminton. Kemudian, bidang seni, seperti paduan suara, teater, fotografi, film, bidang akademik, kerohanian, bahkan bagi yang hobi berkebun dan bercocok tanam, ada wadah yang menampungnya,”ujar bapak dua putra itu.

Untuk mendukung bakat dan kemampuan siswa/i agar membuahkan  prestasi, pihaknya sangat serius melakukan pengembangan, salah satunya dengan terus memberi motivasi dan semangat pada peserta didik.

Demi menjaga prestasi, pihak sekolah wajib menekankan disiplin bagi para siswa/i untuk menumbuhkan jiwa yang bertanggungjawab kepada mereka. Disiplin adalah salah satu kunci utama meraih dan mempertahankan prestasi. “Disipilin itu harus dimiliki oleh siswa dan seluruh warga sekolah termasuk guru, budaya malu itu harus dimiliki oleh setiap orang, dengan memiliki rasa malu orang akan lebih disiplin,”tegas ayah dua putra ini

Sebagai bentuk kepeduliannya kepada anak didik di SMKN 5, dia terus berupaya memberikan wadah serta fasilitas guna untuk  menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang profesional dalam bidang jurnalistik kedepannya. Sehingga, lulusan dari sekolah ini mendapat  bekal ilmu yang siap kerja setelah menjadi alumninya nanti.

Selama kurun waktu dalam masa jabatannya tersebut ia telah membuka jurusan baru yakni jurusan pertelevisian dan Broadcasting pada awal tahun ajaran baru lalu, kini dirinya terus melakukan upaya untuk mewujudkan lulusan yang berkualitas terutama pada bidang ilmu jurnalistik.

“Bagi saya apapun kegiatan yang ingin dilakukan oleh siswa asalkan itu baik dan fositif hasilnya maka pihak sekolah akan memberikan dukungan maupun fasilitasnya,” kata pria yang memiliki hobi menyanyi itu .

Bukan hanya bidang tehnologi saja yang menjadi perhatiannya, dibidang imtaq pun juga menjadi perhatian Zulfikri, sejak penunjukkan SMKN 5 sebagai sekolah berbasis taman bacaan Alquran merupakan satu-satunya sekolah kejuruan di Kota Palembang menjadi suatu kepecayaan yang patut dibanggakan. Sebelumnya sekolah ini sudah sejak lama telah memberikan pembinaan membaca Alquran Al-Qur’an. “Pembinaan spiritual anak sejak duduk di sekolah memang sangat penting, hal itulah yang mendasari sekolah untuk membimbing siswa agar bisa membaca Alquran,” katanya.

Selain memajukan sekolah pada  bidang imtaq dan iptek  dia juga terus berupaya mendukung program pemerintah kota dalam upaya menuju Palembang Emas sejak ditunjukknya sekolah ini sebagai sekolah adiwiyata. “Kita mengajak anak-anak agar menjaga kebersihan, oleh sebab itu untuk mendukung program adiwiyata di sekolah ini kita bentuk dan pilihlah siswa sebagai duta lingkungan agar mereka bias memberikan dan mesosialisasikan kepada warga sekolah untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan disekitar sekolah,”ujarnya.

Berkat bantuan seluruh warga sekolah, baru-baru ini SMKN 5 ditunjuk sebagai sekolah model, ini merupakan suatu kebanggan yang patut kita jalankan agar supaya sekolah ini dapat menjadi contoh untuk sekolah lain.

“ Transisi menuju SMK Model memerlukan penataan ulang kebijakan, perencanaan, penganggaran, kelembagaan, dan sumber daya yang diperlukan untuk menyelenggarakan SMK Model,”katanya.

Untuk mewujudkan semua itu lanjutnya,  sebagai sekolah kejuruan pihaknya dituntut untuk menciptakan para peserta didik yang handal dan mempunyai skill yang nantinya siap bersaing, sebagai sekolah model yang nantinya menjadi percontohan dibandingkan dari sekolah lainnya dengan kretria Keunggulan sumber daya manusia (SDM) merupakan kunci daya saing karena SDM lah yang akan menentukan siapa yang mampu menjaga kelangsungan hidup, perkembangan, dan kemenangan dalam persaingan global,”pungkasnya.

Nama : Drs.H.Zulfikri,M.Pd

Nip : 19640612198903101

TTL:Palembang,12 Juni 1964

Jenis Kelamin : Laki – laki

Pekerjaan: Kepala Sekolah SMK N 5 Palembang

Alamat Rumah : Jalan Pelita sekip

Pendidikan: S-1 Pendidikan Bahasa inggris,Universitas Sriwijaya Lulus Tahun 1988,

S-2 Pendidikan Bahasa Inggris Pasca Sarjana,Universitas Sriwijaya. Lulus Tahun 2010

Pengalaman Pekerjan :

1.Guru STM Negeri Pangkalpinang (1989-1994)

2.Guru SMK Negeri 6 Palembang (1994-2013)

3.Kepala SMP Negeri Palembang (2013-2015)

4.Kepala SMK Negeri 8 Palembang (2014-2015)

5.Kepala SMK Negeri 5 Palembang (2015 – sekarang)

Pengalaman Juri dan Trainer (Narasumber) :

1.Pelatihan debat bahasa inggris guru dan siswa tingkat Kota Palembang

2.Juri guru berprestasi tingkat Kota Palembang tahun 2013 sampai dengan 2016

3.Juri guru berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Selatan tahun 2013 sampai dengan 2015

Penghargaan :

1.Karya Satya Lencana 20 tahun dari Presiden RI

2.Juri Debat Bahasa Inggris SMK Nasional (2005 – Bali) dari Gubernur Bali

3.Juri Debat Bahasa Inggris SMK Nasional (2007-Malang) dari Kota Malang

4.juri Debat Bahasa Inggris SMK Nasional (2009-Bandung) dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat

5.Juri Debat Bahasa Inggris SMK Nasional (2010-Jogyakarta) dari Dinas Pendidikan Jogyakarta

Lomba Kejuaraan :

1.Juara 1 lomba guru berprestasi SMA/SMK tingkat Kota Palembang

2.Juara 2 lomba guru berprestasi SMA/SMK tingkat Provinsi Sumatera Selatan

3.Finalis lomba guru berprestasi tingkat Nasional

4.Finalis Penulisan karya tulis tingkat Nasional

Hobby : Menyanyi,Main Film dan pemerhati dunia seni

Studi Banding : 1.korea Selatan

Karya Tulis dan Inovatif : 1.Hak Paten Mars SMK Negeri 8 Palembang dari MenHum

  1. Hak Paten Mars SMP Negeri 5 Palembang dari MenHum (ADV/hasan basri)

You might also like More from author

Leave A Reply