DPR Sambut Baik Pembentukan Satgas Politik Uang

JAKARTA, sumsel post Menanggapi rencana Polri dan KPK yang akan membentuk Satgas Antipolitik Uang guna mewujudkan demokrasi yang bersih. Ketua Komisi II DPR Zainudin Amali mendukung pembentukan satgas tersebut.

“Pembentukan Satgas Antipolitik Uang oleh Polri dan KPK sangatlah tepat untuk menghadapi Pilkada Serentak 2018 dan Pemilu 2019, karena memang selalu ada kerawanan dalam setiap pilkada maupun pemilu,” tegas politisi Golkar itu pada wartawan, Kamis (4/1/2018).

Seperti diketahui kata dia, selama ini memang marak politik uang tersebut sejalan dengan meningkatnya penggunaan isu SARA dan ditambah lagi dengan perang di medsos dengan memunculkan isu-isu hoax, kampanye hitam dan fitnah terus bertebaran.

“Tentu semua itu sangat memperihatinkan. Demikian juga politik uang, pasti akan marak karena dari 171 daerah pada pilkada 2018 itu, ada daerah-daerah yang berpenduduk besar yang akan melakukan pilkada dan itu rawan politik uang maupun hoax,” ujarnya.

Karena itu dia menyambut baik dan mendukung gagasan pembentukan Satgas Antipolitik Uang dan BSSN untuk cyber crime-nya. Dengan adanya satgas ini, diharapkan kecurangan pada pilkada akibat politik uang dan hoax dapat diminimalisir.

“Kita harapkan Polri dan KPK dapat bekerja sama dengan penyelenggara pemilu (KPU, Bawaslu, DKPP) untuk memaksimalkan peran satgas yang terbentuk itu,” ungkapnya.

Rencana pembentukan satgas gabungan 2 lembaga ini dilontarkan oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Koordinasi telah dilakukan bersama Ketua KPK Agus Rahardjo selama beberapa pekan.

Hal itu dilakukan untuk merespons biaya politik yang disebutnya sangat besar dan bisa disalahgunakan untuk memanipulasi demokrasi.

“Saya sudah sampaikan pada pimpinan KPK. ‘Pak kita buat saja tim bersama’. Nanti Mabes Polri bikin khusus satgas money politik satgas pungli,” tegas Tito di Mabes Polri, Jln Trunojoyo, Jakarta Selatan, Jumat (29/12/2017).

You might also like More from author

Leave A Reply