Hadapi US dan UN Siswa Diberi Pelajaran Tambahan

PALEMBANG, Sumselpostonline.com – Siswa tingkat  SMA/SMK baru saja menyelesaikan Ujian Nasional (UN). Kini giliran siswa SD dan SMP yang sedang menjalani ujian. Meski baru bertaraf Ujian Sekolah (US), namun tetap saja para siswa harus belajar dan menjawab pertanyaan dengan serius dan benar. Untuk mempersiapkan US dan UN mendatang, tentu tak cukup hanya mempelajari pelajaran di sekolah saja. Untuk memberikan pelajaran dan ilmu tambahan kepada murid-muridnya, sekolah biasanya mengadakan jam belajar tambahan yang dilaksanakan di luar jam sekolah.  Seperti yang dilakukan SD Negeri 143 yang berada di kawasan Tangga Buntung, Palembang.

Untuk mempermudah para siswanya menjawab pertanyaan saat ujian, guru-guru melaksanakan belajar tambahan. Meski tak setiap hari, setidaknya belajar tambahan ini dapat membantu para siswa. “Seminggu cuma tiga kali kita belajar tambahan dan dilaksanakan sehabis pulang sekolah. Tak hanya di sekolah ini sajakan, sebagian siswa ada juga yang memang sudah les diluar,” ujar Kepala SD Negeri 143, Rismawati.

Menurut Ris‎mawati, setelah adanya jam pelajaran tambahan ini, membuat para siswa dapat menjawab pelajaran. “Alhamdulilah lancar, aman, dan tidak ada masalah, semua ujian tidak ada kendala. Di dalam US semua mata pelajaran di ujikan. Dalam sehari dua mata pelajaran diujikan secara bergantian,” terangnya.

Risma menyebutkan, dari seluruh mata pelajaran yang diujikan Pelajaran matematikalah yang membuat anak sedikit pusing , namun menurutnya hal tersebut tidak menjadi masalah selama anak-anak paham tambah, kurang, kali, dan bagi. “Ilmu dasarnya perlu dipelajari dulu, insya allah lancar. Kalau matematikakan memang dari dulu membuat pusing, bukan sekarang saja, tidak ada perubahan,” katanya sembari tertawa.

Risma  berharap, setelah menjalani US dan UN mendatang, anak-anak didiknya bisa lulus 100 persen dan masuk ke SMP Negeri favorit. “Selama ini sekolahnya selalu lulus 100 persen Tapi untuk melanjutkan sekolah negeri kita hanya bisa lihat kemampuan mereka. Saya harap semua siswa saya dapat berhasil,” pungkasnya (hasan basri).

You might also like More from author

Leave A Reply