Jalur SBMPTN Mulai Dibuka

PALEMBANG, Sumselpostonline.com – Mulai kemarin (11/4) pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru (Maba) jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2017sudah bisa diikuti oleh calon Maba yang ingin memburu berbagai perguruan tinggi ternama favorit mulai 11 April hingga  5 Mei 2017.

Ketua Panitia Lokal (Panlok) SBMPTN Unsri 2017, Dr. Zulkifli Dahlan MSi DEA, mengtakan, pelaksanaan penerimaan jalur SBMPTN 2017 dilakukan secara serentak berbagai perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Untuk Univeristas Sriwijaya (Unsri) sendiri memiliki kuota sebanyak 2.000 kursi dengan pertase sebanyak 40% dari total mahasiswa maba yang akan diterima.

“Bagi maba yang ingin ikut daftar jalur SBMPTN, mereka harus melakukan pembelian pin terlebih dahulu ke bank seharga Rp 200 ribu rupiah setelah itu baru mendaftarkan melalui wabsite resmi SBMPTN 2017,” ujarnya, Senin (10/4).

Untuk pelaksanaan tes sendiri, ungkap Zulkifli, akan dilakukan pada tanggal 16 Mei 2017, sedangkan ujian keterampilan akan dilakukan pada tanggal 17-18 Mei 2017 dan pengumuman akan dilakukan pada tanggal 13 Juni jam 17.00 WIB melalui website www.sbmptn.ac.id.

Khusus untuk Unsri, kata Zulkifli pada tahun 2017 ini pelaksanaan tes lajur SBMPTN akan dilakukan dengan dua jenis yakni computer bases test (CBT) dan paper bases Test (PBT). “Untuk CBT kta hanya menyediakan sebanyak 120 komputer saja, bagi maba yang ingin ujian CBT mereka harus secepatnya mendaftar diri sebelum kuota terisi penuh,” terangnya.

Ditambahkannya, khusus untuk calon maba yang ikut jalur program bidik misi, jika tidak lulus maka mereka boleh ikut lagi lajur SMBPTN tanpa harus membeli pin baru lagi. Sehingga maba tidak perlu membuang uang sebesar rp 200 ribu lagi, dan kebijakan khusus ini hanya diperuntukkan bagi calon maba tikda dibertakan dengan berbagai biaya administrasi lagi.

Sementara itu, salah satu siswa kelas XII jurusan akuntansi SMK Negeri 5 Palembang, Sheren Islamiah Wardaitul Baid mengatakan, meski tidak ikut jalur SNMPTN namun kesempatan masuk Unsri melalui jalur SBMPTN akan dimanfaatkannya dengan baik. “Rencananya saya ingin masuk Unsri jurusan akuntasi. Saya berharap bisa lulus pada kampus dan jurusan yang diminati, oleh sebab itu sejak jauh hari saya sudah mempersiapkannya dengan baik,” ungkapnya. (hasan basri).

You might also like More from author

Leave A Reply