Jelang Natal dan Tahun Baru, PLN WS2JB Siaga Pasokan Listrik Wiluyo Kusdwiharto : “Insya’Allah Tidak Ada Pemadaman..”

PALEMBANG, Sumsel Post  – Guna untuk menjaga pasokan listrik selama perayaan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 di Provinsi Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu. PT PLN Wilayah S2JB melaksanakan Apel Gelar Pasukan, Jum’at (15/12)

Acara yang digelar di halaman kantor PLN Area Pengatur Distribusi S2JB diikuti oleh 250 peserta yang terdiri dari Tim Siaga yakni, Yantek, PDKB, APD, Operator dan Pemeliharaan Pembangkit, UPT, UPB dan Icon+ berserta seluruh  jajaran manajemen PT. PLN sekota Palembang.

Direktur Regional Sumatera Wiluyo Kusdwiharto. Bertindak selaku Pembina Apel dalam sambutannya menyampaikan agar petugas yang terlibat dalam Pasukan Siaga ini dapat melayani pelanggan dengan sebaik-baiknya. serta pembangkit-pembangkit listrik yang sedang mengalami gangguan harus terus diperbaiki sehingga diharapkan pada saat hari Raya Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 masyarakat dapat selalu menikmati listrik PLN

“ Untuk siaga ini PLN WS2JB telah menyiapkan 149 posko yang tersebar di Provinsi Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu, dengan total petugas yang terjun ke lapangan sebanyak 2.850 orang,”Ujarnya.

Ditambahkan Wiluyo PT PLN  WS2JB akan meniadakan semua kegiatan pemeliharaan listrik terencana  selama periode H-2 sampai dengan H+2 dari hari raya Natal dan Tahun Baru. Sarana pendukung di Posko juga disipakan antara lain, kendaraan pelayanan teknik 172 unit, motor 189 unit, trafo mobil 25 unit, mobil crane 8 unit dan genset (1 sd 100 kVA) 24 unit.

“ PT PLN telah siap untuk mengatasi apabila terjadi gangguan dengan akan melakukan perbaikan cepat, juga disediakan material cadangan jika sewaktu-waktu di perlukan.Kehandalan pasokan listrik ini diprioritaskan juga tempat-tempat ibadah dan pusat keramaian lainnya,” tegasnya.

Sementara Daryono, General Manager PLN Wilayah S2JB, kepada media mengatakan Energi dan Pasokan yang telah di salurkan pihaknya di Sumatera Bagian Selatan, Jambi dan Bengkulu selama Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 yaitu rata-rata pertumbuhan energi 2017 dibanding dengan 2016 pada periode yang sama (Januari-Oktober) mencapai 3.5 %, sedangkan pertumbuhan beban puncak mencapai 2 %. Pada bulan November 2017 ini Beban Puncak atau Peak Demand untuk Sumatera Bagian Selatan dan Tengah adalah 3213 MW.

“ Kita memperkirakan pada saat Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 nanti beban puncak mencapai 3068 MW cenderung turun sebesar 4.5% dibanding beban puncak rata2 bulan sebelumnya dan selama periode Natal dan Tahun Baru daya mampu maksimum (DMP Maks) sebesar 3704 MW, cadangan tertinggi 744 MW, terendah 636 MW dan rata-ratanya sekitar 690 MW dan diperkirakan selama Natal dan Tahun Baru sistem Sumatera Bagian Selatan dan Tengah tidak mengalami pemadaman kecuali jika ada gangguan. Insyaa Allah Aman tidak ada pemadaman dan kita berdoa sama-sama agar tidak terjadi gangguan,”Jelasnya.

Khusus untuk kota Palembang, Sambung Daryono  pasokan dari dua sistem yaitu sistem 150KV dan sistem 70KV dengan kapasitas pembangkit terpasang 621 MW diditambah dengan transfer dari backbone bukit asam-simpangtiga-keramasan dan dengan Beban puncak saat ini untuk siang 471MW dan malam 545 MW, masih ada cadangan lebih dari 30%,  insyaa Allah kota Palembang masih aman.

“ Kita Ingin  masyarakat dapat menikmati pelayanan listrik yang aman dan nyaman pada saat liburan Natal dan Tahun Baru 2018 serta kita menghimbau kepada seluruh masyarakat pengguna layanan listrik PLN agar dapat memastikan tagihan listrik rumah telah dilunasi karena batas akhir pembayaran listrik adalah tanggal 20 setiap bulannya agar pelanggan tidak terkena denda,”tukasnya. (ferry z)

You might also like More from author

Leave A Reply