Jika Benar Soal USBN Bocor, Mendikbud Ancam Pecat Oknum Guru

MALANG, Sumselpostonline.com – Beredar kabar soal ujian nasional berstandar nasional (USBN) bocor di sejumlah daerah. Menanggapi hal itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan, jika benar hal itu terjadi, ia tidak segan-segan untuk memberikan sanksi tegas.

“Saya janji kalau ada kebocoran soal dan itu dilakukan oleh oknum guru, saya tidak akan mentoleransi lagi, pasti ada sanksi berat,” tegas Muhadjir di Malang, Jawa Timur, Rabu (22/3/2017).

Lebih lanjut, ia mengatakan jika ada guru yang membocorkan soal-soal ujian, guru bersangkutan tidak hanya bakal menerima sanksi, namun yang tidak mereka sedari, mereka sudah mengajarkan ketidakjujuran yang dimulai dari sekolah.

Adanya ketidakjujuran sejak dini, kata mantan Rektor UMM itu, akan sulit memotong generasi koruptor. “Kita, termasuk guru pasti menginginkan anak didiknya tumbuh dan berkembang sebagai jiwa-jiwa yang jujur dan tidak koruptur agar lebih baik dari generasi yang sekarang,” paparnya.

Demikian juga dengan guru, semua substansi dan kisi-kisi harus diajarkan pada siswa. “Selama ini siswa sering mengeluh banyak materi yang belum diajarkan, tetapi sudah keluar di soal-soal ujian, itu tidak boleh dan dosa, karena materinya belum diajarkan,” ujarnya.

(okz)

 

You might also like More from author

Leave A Reply