Jurusan IPA Mendominasi di SMAN 21

SumselPostonline.com- Palembang, Jurusan IPA lebih mendominasi di SMAN 21 Palembang. Dari hasil seleksi jurusan yang diikuti Sebanyak 324 siswa/i baru kelas 10 ada 6 kelas untuk jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan 3 kelas Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang disiapkan. Hal ini dilatari guru penjurusan lebih banyak di IPA.
Kepala SMAN 21 Palembang Zulkarnain MPd mengatakan usai seleksi ketat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang sudah didapat 324 siswa baru, pihaknya segera melakukan seleksi penjurusan. “Memang jadwal penjurusan sudah dilakukan sebelum tahun ajaran baru, dimana hari Minggu tanggal 16 Juli ini kami melakukan seleksi yang di gelar SMAN 21 Palembang,” katanya.
Lanjutnya. Kalau mengenai soal sendiri. Pihaknya membuat 100 soal dimana ada mata pelajaran Matematika, IPA dan Sejarah. “Setelah mereka menjawab, nanti akan terlihat jawaban siswa mana yang cocok di kelasIPA atau kelas IPS,” ujarnya.
Diakuinya, penjurusan ini kebanyakan diambil kelas IPA, sebab guru yang dimiliki kebanyakan dari jurusan IPA. “Makanya kami memperbanyak kelas IPA, dibandingkan IPS. Hal ini juga disesuaikan dengan tenaga pengajarnya, jadi sekitar 75 ℅ siswa/i baru akan dapat penjurusan IPA,” jelasnya.
Pengumuman penjurusan akan dilakukan setelah Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) atau masa MOS. “Ya, kami harap bagi yang tidak terpilih masuk IPA jangan berkecil hati. Sebab penjurusan ini sudah didasar atas minat dan jawaban siswa. Semua jurusan sama saja, tergantung dengan siswanya. Asalkan ada kemauan semua jurusan bisa dijalani dengan baik,” paparnya.
Sementara itu, Siswa SMAN 21 Palembang kelas 10 Defbi Arnanda Putra Pratama mengatakan dalam seleksi jurusan dirinya tidak mengalami kesulitan, baik dari menjawab semua mata pelajaran. “Malahan semua mata pelajaran sangat di sukai, saya berharap bisa masuk di jurusan IPA. Sebab jurusan IPA itu kalau kita tamat nanti untuk masuk perguruan tinggi bebas memilih fakultas apalagi saya juga berencana mau ikut tes polisi,” pungkasnya (Hasan Basri)

You might also like More from author

Leave A Reply