Kadisdik Imbau Orang Tua Dampingi Anak Dihari Pertama

SumselPost-online.com,Tahun Pelajaran baru bakal segera dimulai. Tanggal 17 Juli 2017 akan menjadi babak baru bagi siswa yang pertama kali masuk sekolah, khususnya sekolah dasar. Para siswa yang sebelumnya telah lolos seleksi di sekolah-sekolah pilihannya pun antusias menyambut hari pertama sekolah sebagai babak baru dalam masa pendidikan mereka.
Dinas Pendidikan (Disdik) kota Palembang menghimbau kepada Kepala Sekolah Dasar (SD) Negeri Palembang, untuk tidak melarang wali murid kelas 1 mendampingi anaknya di hari pertama. Pasalnya pada hari pertama masuk tepatnya 17 Juli nanti, Disdik memperbolehkan dan mewajibkan wali murid ikut mendamping.
Kepala Disdik kota Palembang H. Ahmad Zulinto, S.Pd.MM mengatakan, dirinya sudah menghimbau di hari pertama pada 17 Juli nanti khusus kelas 1 SD, diharapkan tidak boleh melarang wali murid siswa/i ikut mendampingi. “Sebab hari itu merupakan tahun ajaran pertama khusus anak kelas 1 SD, dan kita harap orang tua bisa hadir pada hari pertama anaknya bersekolah,” katanya.
“Imbauan yang diberikan ini terkait peran orang tua di hari pertama sekolah ini memang penting dilakukan, sebagaimana kita tahu bahwa anak-anak kita ini pasti tidak mungkin langsung bisa mengenal semua teman-teman atau guru mereka, pasti dampingan orang tua perlu agar anak-anak tidak terlalu takut ataupun gugup saat bertemu orang-orang baru,” ujarnya.

Ia juga menambahkan agar pihak sekolah juga berkenan mengizinkan para orang tua untuk mengantar dan menemani anak-anak mereka di hari pertama sekolah. Sebab selama ini orang tua cenderung sekadar melepas dan menyerahkan proses pendidikan sepenuhnya kepada sekolah dan guru. Padahal menurutnya peran lebih penting yang harus dilakukan orang tua untuk memberikan kesan pertama yang baik di hari pertama anak-anak mereka sekolah.

“Dan memang tidak selalu harus ditemani, tetapi pasti ada yang berbeda jika seorang anak mendapat perhatian yang lebih saat baru pertama menginjakkan kaki di sekolah mereka,” paparnya.

Ia berharap dengan terlibatnya orang tua siswa di hari pertama masuk sekolah dapat menumbuhkan kepercayaan diri, keberanian dan semangat bagi siswa.

Diharapkan dengan cara seperti itu ada rasa percaya diri yang tumbuh dalam diri siswa. Dan orang tua siswa juga bisa mengenal lingkungan sekolah, guru-guru bahkan sesama orang tua siswa sebagai proses awal pendidikan mereka.
Sementara itu, Kepala SD Negeri 1 Nurhasanah, S.Pd.MM mengatakan setiap tahun aktivitas ini sudah mulai menjadi agenda sekolah. Memang saat pertama masuk nanti, suasana sekolah akan menjadi ramai. Karena banyak orang tua siswa baru ikut mendampingi. “Ya, kalau hari pertama kita hargai dan memperbolehkan. Tapi setelah berjalannya seminggu bersekolah, wali murid diharapkan bisa menunggu di tempa yang kita sediakan,” katanya.
Dari pengalamannya selama menjadi kepala sekolah, nanti ada beberapa kejadian menarik. Seperti siswa ada yang menangis, ada yang ribut dan ada yang takut ditinggali orang tuanya. “Dari sana juga, tugas guru sebagai wali kelas mulai memberikan masukan dan pengertian kepada anak, untuk bisa belajar mandiri dan berani. Sehingga mereka tidak akan takut lagi,” pungkasnya.(Hasan Basri)

You might also like More from author

Leave A Reply