Kenalkan Budaya Sumsel Melalui Program SMN

SumselPostonline.com-Palembang,Sepuluh siswa dari Kalimantan Utara (Kaltara) ke Sumatera Selatan (Sumsel) diajarkan mengenai budaya Sumsel selama lima hari mulai dari tanggal 16-23 Juli melalui program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) Kementerian BUMN.
Direktur Utama Semen Batu Raja, Rahmad Pribadi,mengatakan, program SMN supaya siswa dapat lebih mencintai nusantara dan negera Indonesia. Karena Indonesia diberkahi Bhineka Tunggal Ika. “Jadi programnya mengenal budaya, agar siswa bisa mengenal budaya di provinsi lain bukan hanya mengenal di daerahnya saja,” kata Rahmad usai membuka penerimaan siswa Kalimantan di SMKN 6 Palembang, Senin (17/07).
Dia mengatakan, Yang mengirimkan siswa dari Kalimantan Utara melalui perusahaan RNI dan Bulog dan yang menerima siswa di Palembang melalui perusahaan PTKAI dan Semen Batu Raja.” ini kali ketiganya BUMN mengadakan program SMN, Tahun pertama, pertukaran pelajar di Gorontalo, kedua di Maluku Utara, dan ketiga ini di Kalimantan Utara. Melalui program ini, pihaknya ingin menanamkan generasi yang berwawasan luasa dan keberagaman. Kegiatah ini lebih kearah edukatif dan kreatif, mereka (siswa) akan kita kenalkan kepada usaha kecil BUMN. Pengenalan ini tidak selesai selama enam hari, merekalah yang akan meneruskannya sehingga program ini akan berkelanjutan,” terangnya.
“ Dalam program ini juga ada dua pelajar dari SLB yang ikut dan mereka didampingi dua guru pendamping. Sementara itu juga ada dua guru terpilih yang menjadi pendamping untuk siswa SMA/SMK. Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sumsel,”tukasnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Drs. Widodo, M.Pd mengatakan, bibit seperti ini harus banyak, program yang di buat oleh Kementerian BUMN yag dimaksudkan untuk memberikan wawasan kepada siswa agar mengenal provinsi dan budaya, sehingha anak-anak memiliki bekal agar menjadi warga yang tidak terbatas pada provinsinya. “Kita tahun ini mendapatkan tamu dari Kalimantan Utara dan mereka akan mengenal budayanya Sumsel. Maka dari program ini jelas siswa harus diberi pengetahuan luas, sehingga mengenal budaya Indonesia,” katanya.
Lanjutnya, Selama siswa study tour di Palembang, para siswa akan diajarkan budaya Palembang, dan setelah pulang nanti mereka harus membawa hal-hal dari Sumsel. “Ya saya berharap setelah mereka pulang, mereka akan bercerita bagaimana ragamnya budaya Sumsel. Baik dari segi budaya, kuliner dan juga pendidikannya, “harap Widodo (Hasan Basri)

You might also like More from author

Leave A Reply