Kini Unsri Fokus Masalah Riset

PALEMBANG, sumselpostonline.com – Pengembangan laboratorium riset salah satu upaya yang terus dilakukan oleh Universitas Sriwijaya (Unsri) untuk memperbaiki mutunya, hal tersebut diungkap Rektor Universitas Sriwijaya (Unsri) Prof. Ir. H. Anis Saggaff, MSCE.

Dia mengatakan, saat ini Unsri sudah memiliki sebanyak 120 laboratorium pendidikan yang tersebar di program studi (prodi), fakultas dan universitas baik di kampus unsri bukit besar ataupun kampus yang terletak Inderalaya.

“Kalau laboratorium pendidikan sebagian besar dananya sudah terpenuhi. Namun, untuk laboratorium riset belum bisa terpenuhi karena dana yang dibutuhkan cukup besar,” ujarnya.

Dijelaskan Anis, pengembangan laboratorium riset dan tersebut jika dihitung-hitung dibutuhkan dana sebesar Rp 25 miliar. Sehingga saat ini pihaknya sedang mengusulkan kepada pemerintah dan mencari dana melalui pihak ketiga atau CSR.

“Yang jadi fokus program Unsri adalah masalah riset. Jadi harus di tunjangan dengan laboratorium yang baik agar dosen bisa lebih mudah melakukan berbagai risetnya,” terangnya.

Anis menilai, saat ini pengembangan berbasis riset sangat diperlukan terutama dalam masalah energi dan air yang sangat diperlukan. Apalagi, sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki Unsri punya potensi besar, untuk memaksimalkannya dan dibutuhkan laboratorium yang layak dan lengkap.

“Kita memiliki 121 guru besar dan 360 dosen yang telah berstatus doktor letkol kepala. Untuk mendorong para doktor berstatus letkol kepala ini untuk melakukan riset maka diperlukannya laboratorium sendiri,” terangnya.

Sementara itu, pengamat pendidikan Muchtaruddin Muhsiri mengtakan, pengembangan laboratorium riset saat ini sangatlah dibutuhkan oleh dosen terutama level S2 dan S3. Sebab, tanpa laboratorium yang lengkap maka dosen akan kesulitan dalam melakukan riset.

“Kalau ingin mengembangkan laboratorium riset ada beberapa hal yang perlu di perhatikan yakni gedung, alat, operator, manajemen dan pengelolanya, dan kesemuanya itu harus dipenuhi oleh setiap perguruan tinggi,” ucapnya (hasan basri)

.

You might also like More from author

Leave A Reply