Menjelang Asean Games Rp 1 Triliun Alokasikan Dana Infrastruktur

PALEMBANG

Departemen Pekerjaan Umum, melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional, (BBPJN) Wilayah III Sumatera di tahun 2016 memperoleh alokasi dana sebesar Rp 1 triliun untuk pembangunan infrastruktur di Sumatera Selatan khususnya.

Alokasi dana APBN ini naik dari tahun 2015, yang sebesar Rp 800 miliar. Dana ini diantaranya untuk pembiayaan pembangunan 2 fly over baru di Palembang, satu jembatan Musi IV dan pembangunan 1600 kilometer jalan di Wilayah III, meliputi Sumsel, Lampung, Bengkulu dan Bangka Belitung. Khusus Sumatera Selatan adaa sekitar 200 km jalan yagns elama ini kewenangannya pemerintah kabupaten dan diserahkan menjadi jalan nasional.

Kepala BBPJN Wilayah III Sumatera, Thomas Setiabudi Aden kepada //Sumsel Post// di Palembang akhir pekan lalu mengatakan pembangunan proyek-proyek baru di bidang infrastruktur di wilayah Palembang, akan digunakan pada pesta olahraga Asean Games 2018 mendatang.

Secara khusus dia mengatakan Palembang sebagai tuan rumah, harus ditunjang oleh sarana dan prasana infrastruktur yang memadai guna suksesnya Sumsel sebagai tuan rumah. Pihak BBPJN III katanya, di 2016 akan membangun 2 fly over baru masing-masing, flyover Keramasan (2016 – 2018) dan Sp. Tanjung Api-api (2016 – 2017). Ke dua fly over ini aakan dimulai pada Januari 2016. Sementara Jembatan Musi IV sudah memasuki tahap penandatanganan kontrak kerja.

Sembilan Jembatan Menyinggung jumlah jembatan di Palembang, menurut Thomas, idelanya kawasan metropolis Palembang memiliki sembilan jembatan penghubung baru. “Saya tidak mengatakan jembatan untuk Palembang tapi, aglomerasi Palembang. Sebab disitu ada Kabupaten Banyuasin, dan Ogan Ilir. Di mana dalam kenyataannya orang Palembang sudah tidak ada batasan lagi dengan dua wilayah ini kecuali KTP. Sama seperti Jakarta, kita tidak bicara Jakarta-nya saja tapi wilayah Jabodetabek.

Sembilan jembatan ini, menurut Thomas sudah ada penetapan lokasinya tinggal lagi masalah dana. “Kalau secara teknis tidak ada kendala, hanya dana yang belum tersedia. Anggaran PU itu Rp 110 triliun. Sementara ada 43 ribu kilo jalan raya yang mau dibangun di Indoensia 30 juta irigasi, dan 60 juta orang yang belum menikmati air bersih. Jadi uang segitu tidak ada apa-apanya. Makanya kita pilih mana yang urgensi telebih dulu,” kata Thomas.

Sementara secara keseluruhan di Palembang, kata Thomas menurut rencana akan

Dibangun sebanyak 15 Fly Over dengan total panjang 4.778 m, konstruksi direncanakan dimulai dari tahun 2015-2019. (Ria)

You might also like More from author

Leave A Reply