Pemerintah Luncurkan Kebijakan Penilaian Kinerja

PALEMBANG –

Guru sebagai tenaga  pendidik profesional mempunyai tugas pokok merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, membimbing dan melatih peserta didik, yang ditopang oleh kompetensi yang dimiliki seorang guru.

Untuk menjamin bahwa para guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah  dapat bekerja  secara efektif dan efisien, pemerintah telah meluncurkan kebijakan Penilaian Kinerja untuk ketiga unsur pelaksana pendidikan di atas dan inti dari kebijakan penilaian kinerja ini adalah peningkatan mutu pendidikan.”Penilaian Kinerja bagi guru dikenal dengan sebutan Penilaian Kinerja Guru (PKG), sedangkan untuk kepala sekolah disebut dengan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS), dan untuk Pengawas Sekolah disebut Penilaian Kinerja Pengawas Sekolah (PKPS),” terang Kabid Kepegawaian Disdikpora Kota Palembang, Drs. H. A.Nasikhun

“Dalam kerja profesional guru dituntut untuk bisa melayani siswa sebagai subyek belajar dan memperlakukannya secara adil, melihat keberbedaan sebagai keberagaman pribadi dengan aneka potensi yang harus dikembangkan,”ujarnya.

Lebih lanjut dia, hubungan antara guru dengan siswa merupakan pola hubungan yang fleksibel, ada kalanya guru menempatkan diri sebagai patner belajar siswa, saat yang lain sebagai pembimbing, dan berposisi sebagai penerima informasi yang belum diketahuinya. Disinilah pembelajaran berlangsung dalam sebuah orkestrasi pembelajaran yang melihat segala sesuatu di sekitar guru sebagai pembelajar sebagai potensi untuk mencapai kesuksesan belajar .

“Ada beberapa Guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang diberhentikan secara tidak hormat dari jabatannya dan kepensiunannya dicabut dan sebaliknya, guru yang diturunkan jabatannya, Dengan kreteria pelanggaran jam kerja atau sering tidak masuk kerja,melakukan tindakan Asusila, Oleh sebab itu untuk menuntaskan terjadinya pelanggalan, Dalam waktu dekat pihaknya  akan meninjau langsung kedisiplinan guru dan pegawai yang berada dilingkungan Disdikpora kota Palembang,”terangnya.

Karena Guru merupakan sumber daya manusia yang menjadi perencana, pelaku dan penentu tercapainya tujuan pendidikan kata Nasikhun. Untuk itu dalam menunjang kegiatan guru, diperlukan iklim sekolah yang kondusif dan hubungan yang baik antar unsur-unsur yang ada di sekolah antara lain kepala sekolah, guru, tenaga administrasi dan siswa, maka kinerja guru harus selalu ditingkatkan mengingat tantangan dunia pendidikan untuk menghasilkan kualitas sumber daya manusia yang mampu bersaing di era global semakin ketat,”ujarnya.

Kinerja guru yang dicapai oleh guru dalam melaksanakan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya yang didasarkan atas kecakapan, pengalaman dan kesungguhan serta penggunaan waktu. Upaya-upaya untuk meningkatkan kinerja itu biasanya dilakukan dengan cara memberikan motivasi disamping cara-cara yang lain sebagai suatu penilaian , “pungkasnya.  (hasan basri)

.

 

.

 

 

 

You might also like More from author

Leave A Reply