Sejumlah PTN Gunakan Nilai SBMPTN untuk Seleksi Jalur Mandiri

JAKARTA, Sumselpostonline.com – Berdasarkan Permenristekdikti Nomor 126 Tahun 2016 Tentang Penerimaan Mahasiswa baru S-1 pada perguruan tinggi negeri (PTN), kampus dapat menggunakan nilai SBMPTN 2017 untuk seleksi jalur mandiri. Artinya, pada jalur mandiri tak semua PTN mengadakan tes langsung bagi calon mahasiswa.

Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemristekdikti, Intan Ahmad mengatakan, jalur mandiri akan memberi kesempatan bagi calon mahasiswa yang tidak lolos SNMPTN maupun SBMPTN. Pihaknya memberi kepercayaan kepada kampus untuk menyeleksi sendiri.

“Rektor punya diskresi. Sedangkan mahasiswa yang harus diterima adalah mereka yang punya potensi akademis yang baik,” ujarnya dalam konferensi pers pembukaan SBMPTN 2017, baru-baru ini.

Dengan adanya peraturan tersebut, Ketua Panitia Pusat SNMPTN dan SBMPTN 2017, Ravik Karsidi menyebut, setiap PTN akan memiliki kebijakan tersendiri di jalur mandiri ini. Ada yang melalui tes, dan ada pula yang menggunakan nilai SBMPTN.

“Misalnya, kalau UNS sudah lima tahun ini selalu menggunakan hasil SBMPTN untuk jalur mandiri. Dari hasil SBMPTN kami lihat yang tertinggi di setiap provinsi dan yang bersangkutan mendaftar seleksi mandiri di UNS,” jelas Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) itu.

Dengan mengakomodasi nilai tertinggi di setiap provinsi, lanjut Ravik, membuat mahasiswa di UNS beragam. Di sisi lain, cara ini juga lebih memudahkan pihak kampus.

“Jadi peserta jalur mandiri harus ikut SBMPTN. Kami rasa anak yang meraih nilai tertinggi di suatu provinsi, tetapi belum mendapat kesempatan di SBMPTN bukan berarti jelek, tetapi mereka juga punya potensi,” imbuhnya. (okz)

You might also like More from author

Leave A Reply