SMKN 5 Palembang Jadi SMK Model

PALEMBANG –

Lima lembaga pendidikan di Kota Palembang menjadi sekolah model atau percontohan. Launching program tersebut dilaksanakan Sabtu (8/10) di SMKN 5 Palembang. Kelima sekolah model tersebut  adalah SD Negeri 25, SD Negeri 149, SMP Negeri 6, SMA Negeri 4 dan SMK Negeri 5 Palembang.

Launching sekolah model ditandai dengan pembukaan selubung papan nama oleh Kadispora Kota Palembang H. Ahmad Zulinto, SPd.MM. Acara tersbut dihadiri Endang Lintang Hardima,  Kepala LPKA Kelas I Pakjo Palembang, Kasi SMK Disdik Provinsi Sumsel Dra. Erlina, MM, Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM Drs. Juliasmara Purba, MSi,  lima kepala sekolah model dan Kepala LPMP  Provinsi Sumatera Selatan . Acara juga diwarnai dengan penandatangan  MoU antara LPKA kelas I Pakjo dengan SMKN 5 Palembang,  pembelajaran sistem online, penanaman pohon dan lainnya.

Kepala SMKN 5 Palembang Drs. H. Zulfikri, M.Pd saat dibincangi Sumsel Post usai Launcing sekolah Model mengatakan, ditunjuknya SMKN 5 Palembang menjadi sekolah model oleh lembaga penjamin mutu pendidikan (LPMP) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), berdasarkan usulan dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) sebelum peralihan kepengurusan sekolah menengah atas dan kejuruan (SMA/K) ke Dinas Pendidikan (Disdik) Sumsel,”ujarnya.

“Sejak didirikannya program Teknik Program Produksi, Penyiaran dan Perfilman (TP4) 2 tahun lalu dan satu-satunya di kota Palembang juga menjadi salah satu nilai plus sekolah ini, bahkan saat ini pihaknya membuat MoU dengan lembaga pembinaan khusus anak (LPKA) Kelas I Pakjo untuk membina anak didik dilembaga permasyarakatan tersebut karena mereka mendapat pendidikan dan pembinaan di balik jeruji besi.

Zulfikri mengungkapkan, penandatanganan MOu dengan pihak LPKA sengaja dibarengi dengan launching sekolah model dengan maksud agar pihak yang masih berspekulasi LPKA itu tempat yang seram, dapat dirubah mensetnya.

Kasi SMK Disdik Provinsi Sumsel Dra. Erlina, MM mengatakan sekolah yang ditunjuk untuk sekolah model ini telah mengikuti bimbingan teknis (bimtek) tentang sekolah model sejak 13-18 September 2016 di LPMP Provinsi Sumsel, Indralaya. Pada awalnya yang diajukan dari kota Palembang ada 10 sekolah dari jenjang pendidikan dasar hingga menengah atas dan 5 sekolah yang memenuhi syarat.

“Nantinya sekolah model ini akan mengimbaskan hasil dari peningkatan 8 standar nasional pendidikan (SNP) ke SMK negeri lainnya, seperti SMKN 1, SMKN 3, SMKN 4, SMKN 7 dan SMKN 8,” paparnya.

Terhitung sejak dilaunching hari ini (Sabtu, 8/10), lanjutnya, akan direvisi kembali dalam kurun waktu 2 tahun dan jika memungkinkan akan diusulkan menjadi sekolah unggulan,”jelasnya.

Senada yang dikatakan Kadispora Kota Palembang H. Ahmad Zulinto, S.Pd.MM, Sekolah model itu sekolah percontohan yang menjadi contoh yang benar-benar baik dalam mencanangkan 8 SNP, harus melalui evaluasi diri sekolah (EDS).

“Kita harapkan sekolah model ini dapat mengimbaskan sekolah-sekolah lain untuk menjadi sekolah model dan dapat meningkatkan mutu pendidikan,”harapnya

Hal serupakan juga dikatakan ketua LPMP Sumsel, Dr. H. Yaswardi, M. Si menambahkan, SMKN 5 terpilih diantara sekolah lain yang diusulkan oleh dinas pendidikan terkait karena memang sudah memenuhi standar dari LPMP. “Kriterianya sudah terpenuhi semuanya, baik dari hasil survei juga terpenuhi,” katanya.

“Di Sumsel sekolah model ada 85 sekolah, per kabupaten/kota ada 5 sekolah. Sumsel termasuk kategori 5 besar terbanyak sekolah model. Cuma untuk sekolah dasar (SD) yang diambil 2 sekolah model, untuk SMP, SMA dan SMK hanya 1 sekolah,” jelasnya.

Sementara itu, kepala LPKA kelas I Pakjo Palembang, Endang Lintang Hardima, SH. MH mengutarakan, pihaknya sungguh berterima kasih karena SMKN 5 mau melakukan kerjasama dalam bentuk pembinaan dan mendidik anak didik dari tingkat SMK di LPKA. “Kami jajaran LPKA mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya atas kerjasama dari SMKN5. Kami juga berharap SMKN 5 Palembang dapat menjadi sekolah unggulan kedepannya,” pungkasnya (ADV/ hasan basri)

You might also like More from author

Leave A Reply