Tahun 2019, UMP Targetkan Akreditasi A

PALEMBANG, Sumselpostonline.com –Pada tahun 2019 mendatang Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP) mentargetkan  menyandang status akreditasi A. Berbagai upaya dilakukan merealisasikan status tersebut.

Rektor UMP, Abid Djazuli, UMP mengatakan, secara institusi sejak 16 Januari 2014 lalu sudah mendapatkan status akreditasi B dan saat ini bertekad untuk meraih status A pada tahun 2019. Peningkatan status akreditasi tersebut bertujuan untuk memperbaiki ranking UMP di tingkat nasional menjadi lebih baik lagi. “UMP saat ini menduduki peringkat 89 dari 3.320 perguruan tinggi di Indonesia berdasarkan SK Kemenristek Dikti No. 492.A/M/KP/ VIII/2015. Sehingga dengan membaiknya akreditasi juga akan memperbaiki posisi UMP di kanca nasional,” ungkapnya disela acara wisuda program Diploma III dan Sarjana (S1) ke-62, serta Wisuda Pascasarjana (S2) ke-23 di OPI Conventation Center, kemarin.

Abid menjelaskan, berbagai upaya untuk menaikkan peringkat dan mendorong akreditasi menjadi A terus dilakukan seperti memperbanyak kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi dan instansi yang ada di dalam negeri dan luar negeri. Saat ini saja telah melakukan kerja sama University Kebangsaan Malaysia, PT Bursa Efek Indonesia, Forum Corporate Social Responsibility (CSR) Provinsi Sumatera Selatan, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Islamic University Minnesota Amerika Serikat, University President Alliance of Tainan City, President National University Of  Kaohsiung Taiwan.

“Realisasi kerja sama ini tentu saja bertujuan mewujudkan visi menjadi universitas yang menyandang akreditasi A pada tahun 2019 dan menjadi kampus berstandar nasional yang ditargetkan akan terwujud pada tahun 2022 mendatang,” terangnya.

Pada wisuda Program DIII, S1 ke-62, serta Wisuda Pascasarjana (S2) ke-23 tersebut, UMP melepas 976 wisudawan yang terdiri dari 904 orangSarjana S1, di dalamnya termasuk 1 orang Sarjana double degree, dan 72 orang S2.Hingga saat ini jumlah alumni yang telah dihasilkan  mencapai 47.422 orang.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumsel, Ishak Mekki mengatakan, provinsi terus berupaya melakukan penciptaan lapangan kerja, salah satunya dalam bidang indutri sehingga bisa dimanfaatkan para sarjana untuk lapangan pekerjaan. Pihaknya berharap, para sarjana bisa memanfaat berbagai peluang dengan baik sehingga para sarjana tidak menjadi penonton di negeri sendiri.

“Saya yakin lima tahun kedepan, para sarjana dari UMP bisa mnejadi para tokoh yang bisa menjadikan Sumsel lebih baik lagi dengan menunjukan prestasinya di dunia kerja dan bisa ditempatkan dimanapun saja, para sarjana yang lulus ini dipersiapkan untuk mengabdi dalam membangun daerah dengan pendidikan yang mereka miliki di perguruan tinggi, ” ungkapnya. (hasan basri)

 

You might also like More from author

Leave A Reply