Tingkatkan Produktivitas Ternak, Distanak Banyuasin Buat Kebun HMT

BANYUASIN- Guna meningkatkan produksi dan produktivitas ternak, secara berkelanjutan, mutlak diperlukan ketersediaan Hijau Makanan Ternak (HMT). Hijau makanan ternak (HMT) ini mempunyai peranan yang sangat strategis dan berkualitas, sehingga dapat dijadikan indikator kemakmuran dan kesejahteraan untuk ternak dan bagi peterna. Demikian dikatakan Kadistanak Banyuasin Ir H Syaiful Bakhri, AR,MSi melalui Kabid Produksi Peternakan, Prihartawanto diruang kerjanya, kemarin.

Untuk peningkatan produksi HMT yang berkualitas Distanak Banyuasin tahun 2015 membuat kebun HMT yang diawali dengan membuka lahan baru dan atau dengan memanfaatkan lahan milik peternak yang diusahakan secara berkelompok.
Kebun HMT itu ditanami rumput unggul atau legume yang merupakan makan ternak berkualitas dan berfungsi sebagai padang penggembalaan ternak. Adapun bahan baku HMT itu dari rumput alam, legum rendah dan legum semak.

Produksi HMT Distanak Banyuasin tersebut sangat potensi untuk ternak terutama ternak ruminansia yakni jenis Sapi, Kerbau, Kambing dan Domba.
Cara ternak mendapatkan makanan HMT tersebut bagi peternak ada tiga cara yang dapat dilakukan yakni dengan ternak digembalakan di padang rerumputan, dapat dengan cara HMT dipotong-potong yang kemudian baru diberikan dan atau terlebih dahulu diolah dijadikan suplemen.
HMT yang berkualitas baik memiliki nutrisi tinggi dan mudah dicerna serta banyak mengandung protein tinggi dan MHT yang bergizi dalam kondisi masih muda dibanding yang tua atau yang sudah mengering.
Mafaat HMT Bergizi tinggi ini akan menghasilkan protein ini berfungsi untuk pertumbuhan, pengembangan, reproduksi dan laktasi ternak, sedangkan Energi tercena bermanfaat untuk bergerak, bekerja, laktasi ternak dan hasil Serat, vitamin dan mineral untuk kesehatan dan pertumbuhan, laktasi ternak.

HMT berupa rumput dan legume sangat dibutukan bagi nutrisi khusus ternak sapi karena mempunyai peran sebagai rumput penghasil lebih banyak biomassa dan energi tercena dibanding legume, tapi biasanya mengandung lebih sedikit protenin.

Sedangkan Legume yang menghasilkan lebih sedikit biomassa dan energi tercena tetapi proteinnya lebih tinggi. Dan rumput merupakan sumber utama pakan sapi, ransum sapi sangat baik karena mengandung lebih 10 persen dari daun legum.

Pertumbuhan sapi yang baik dari pengaruh dengan HMT yakni pertumbuhannya perekor mencapai 2.5-3.5 persen dari berat badan. Dalam bentuk pakan hijau perhari kering untuk seekor sapi 7-10 kg dan seekor induk ysng memiliki bobot 300 kg atau kira-kira 10-15 persen dari berat badan dalam bentuk hijau segar atau 30-45 kg perhari untuk seekor induk sapi.

Untuk di Banyuasin ketersediaan HMT sangat melimpah apalagi musim penghujan, namun datang musim kemarau menurun menjadi rendah, guna menanggulaninya diperlukan kegiatan pengelolan HMT berupa kosentrat.

Guna mewujudkan hal itu, Distanak Banyuasin tahun 2015 berupaya melaksanakan pemanfaatan lahan milik kelompok ternak dengan melakukan penanaman dan atau pembuatan kebun HMT.
Adapun tujuan dari HMT  dengan terlaksananya kebun HMT milik kelompok peternak dengan tersedianya kebun HMT dan menyediakan HMT sepanjang tahun serta meningkatkan produktivitas ternak.
Hal itu akan bermanfaat jika ketersediaan HMT sepanjang tahun dapat terjamin, sehingga dapat mengurangi beban kerja peternak untuk HMT dan dapat meningkatkan produktivitas ternak sapi.
Namun demikian peternak harus memahami kruteria lahan yang lokasinya harus bebas dari banjir, mudah dijangkau dan status lahan harus jelas dan tidak dalam sengketa dan bukan persawahan tetapi ada sumber air yang cukup disekitar lokasi kandang ternak.
Selain itu kelompok ternak diharapkan respon dan partisipatif tinggi, menerima bimbingan, sudah memiliki ternak dan lahan sendiri juga mau memberi kontribusi.
Dengan demikian dari konsekuen Pemkab Banyuasin melalui Distanak sasaranya untuk meningkatkan mutu dan kwalitas HMT yang berdampak peningkatan populasi dan produktipitas ternak dan menjadi sentra wilayah bobot ternak mampu meningkatkan protein hewani yang berasal dari ternak.
Secara tidak langsung dapat meningkatkan penghasilan dan pendapatan anggota kelompok ternak sekaligus dapat meningkatkan populasi ternak di Kabupaten Banyuasin, tukasnya. (adv/Kabid/waluyo)

You might also like More from author

Leave A Reply