Unhan Jadi Rujukan Mahasiswa Thailand

JAKARTA – Prestasi Universitas Pertahanan (Unhan) semakin diakui dan dikenal dunia. Bahkan, perguruan tinggi tersebut saat ini menjadi rujukan utama para siswa National Defense College of Thailand.  Belum lama ini, sejumlah mahasiswa dari National Defense College of Thailand melakukan study visit ke Indonesia.

Mahasiswa Thailand berjumlah 19 orang yang terdiri atas delapan perwira tinggi, tujuh pejabat sipil, empat profesor. Rombongan mahasiswa dipimpin oleh  Jenderal Niwat Subongkot.

Sementara rombongan Unhan dipimpin Wakil Rektor I Dadang Gunawan mendampingi Duta Besar Thailand untuk Indonesia Phitchyapant.

Bertempat di Kedubes Thailand di Jakarta, para siswa diberikan pembekalan oleh Dekan Fakultas Manajemen Pertahanan (FMP) Laksda TNI Amarulla Octavian dengan judul The Roles and Responsibilities of Indonesia Defense University toward the Chaotic, Complex and Uncertain Security situation.

“Pada sesi diskusi beberapa pertanyaan para siswa menunjukkan tingkat apresiasi yang tinggi atas capaian prestasi Unhan selama ini. Hasil-hasil penelitian Unhan untuk rekomendasi kebijakan keamanan dapat dipahami dengan baik oleh para siswa,” ujar Dekan Fakultas Manajemen Pertahanan (FMP) Laksda TNI Amarulla Octavian.

Beberapa pendapat akademik Unhan juga mendapat tanggapan positif untuk meningkatkan kerjasama Indonesia-Thailand, dan ASEAN.

Bagi Unhan, kata Octavian, kesempatan memberi pembekalan kepada siswa Manca Negara sangat penting untuk menyampaikan pandangan-pandangan Indonesia di level bilateral.

Atase Pertahanan Thailand, Kolonel Songvit Vayuheurd berpandangan peran dan tanggung jawab Unhan sangat dibutuhkan menciptakan situasi keamanan regional dan global sebagaimana program-program aksi yang tertuang di dalam APSC Blueprint dan UN SDG.

Songvit Vayuheurd merekomendasikan kepada Pemerintah Thailand untuk mengirim mahasiswa ke Unhan.

“Materi pembekalan yang disampaikan sangat bermanfaat dan membuka cakrawala baru para siswa National Defense College of Thailand,” ujarnya.

You might also like More from author

Leave A Reply